Senin, 19 September 2011

Mehndi/ Henna/ Pacar

Assalamu'alaikum..

Lama tak bersua, dikarenakan kesibukan di tempat magang, Ana jadi lupa ngurusi blog sendiri. Bagaimana kabar saudariku semuanya? Semoga selalu berada dalam lindungan Allah SWT.
Beberapa hari yang lalu, ana iseng cari- cari video di youtube.. Awalnya mau cari model gamis untuk pernikahan, ujung- ujungnya malah dapat seperti apa yang ana tulis di judul post ini. Henna/ mehndi/ pacar, siapa yang tidak tau ini? Hampir semua saudariku pasti mengetahuinya. Rasulullah SAW pun pernah membahas mengenai hal ini, diantaranya adalah rasulullah SAW memperbolehkan untuk menyemir rambut dengan menggunakan tumbuhan ini, selain itu juga Rasulullah Saw menganjurkan kepada kaum wanita untuk memakai pacar untuk membedakannya dari kaum pria.

Di India memakai pacar/ mehndi merupakan salah satu tradisi ketika seseorang melangsungkan pernikahan. Desainnya pun sangat beragam. Untuk bangsa Arab identik dengan pola bunga atau tumbuhan. Di India sendiri banyak sekali desain yang digunakan. InsyaAllah ana akan membahas desain, kebudayaan, dan hal hal lain mengenai mehndi pada artikel tersendiri.
Lalu di mana kita bisa mendapatkannya? Ana pikir di toko herbal ada yang jual. ^^ Ana sendiri mempunyai henna pertama kali karena dapat oleh-oleh dari teman yang baru pulang umroh. Lalu ketika ada Solo Muslim Fair (atau National Book Fair, agak-agak lupa eventnya, biasanya setiap ada pameran yang berhubungan dengan produk Islam, mehndi dijual di sana) ana beli mehndi yang besar, harganya kalau ga salah Rp 15.000,-. Produk yang dijual rata-rata adalah mehndi dalam bentuk pasta, dan di import dari luar negeri.
Usut punya usut, ana cari- cari dengan search di goole, mehndi yang beredar di pasaran itu ada 2 macam:
  1. Mehndi Pasta (instan): dapat langsung digunakan, relatif tahan lama ketika di simpan, warnanya lebih cepat menempel dibandingkan mehndi bubuk (lebih kurang 1 jam sudah mendapatkan warna yang bagus)
  2. Mehndi bubuk: harus diramu terlebih dahulu untuk menghasilkan mehndi pasta, baru kemudian dapat digunakan (yang ana baca membutuhkan waktu 1 hari untuk membuat mehndi pasta yang bagus); tahan sekitar 1 minggu jika disimpan di lemari es, membutuhkan waktu yang lama agar warna menempel.
Sekian dulu deh artikel singkat tentang mehndi, insyaAllah lain waktu disambung lagi. Kalau ada sesuatu, silahkan komen, jangan malu malu..

Wassalamu'alaikum warahmatullah..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar