Selasa, 20 September 2011

Setting Google Apps untuk Pendidikan



Assalamu'alaikum...

Hari ini ana akan mengulas sedikit mengenai Google Apps untuk pendidikan. 
Pernahkah anda membaca kop surat suatu instansi pendidikan atau instansi yang berisi alamat email dari suatu instansi dengan format : nama@instansi.org atau nama@namasekolah.sch.id? Tentu antum sudah sering melihat itu. Sebenarnya ketika anda membeli sebuah domain dan hosting maka anda akan mendapatkan suatu webmail dengan akun namaanda@namadomainanda.
Namun aplikasi itu hanya sebatas pemberian web mail saja, dan kapasitas user yang terbatas, dengan kapasitas email per user yang sedikit pula.

Sebenarnya apa itu google apps untuk pendidikan? Google Apps untuk pendidikan adalah kumpulan aplikasi dari google meliputi aplikasi-aplikasi besar seperti mail, docs, site, calendar, contact, Gtalk, dan aplikasi google lain yang disediakan khusus untuk pendidikan. Semua aplikasi diberikan secara gratis dan anda dapat memiliki akun sendiri untuk sekolah anda. Dengan demikian anda bisa mendapatkan akun namaanda@namadomainanda. Hampir sama memang dengan webmail yang disediakan oleh hosting, kelebihan dari email google adalah kapasitas per email yang sangat besar. Dengan akun google biasa yang anda miliki, anda mendapatkan 7 GB kapasitas email,, dengan google apps untuk pendidikan ini anda akan mendapatkan kapasitas email 25 GB per user. dengan jumlah user yang tidak terbatas.
Selain itu keunggulan lainnya adalah anda dapat menggunakan akun anda untuk login di semua aplikasi yang disediakan oleh google, kecuali admin google apps anda melakukan penonaktifan terhadap layanan google tersebut.
Beberapa minggu yang lalu ana melakukan setting google apps untuk domain smpn1byl.sch.id dalam rangka kerja praktek, sekaligus membuatkan akun untuk semua civitas akademika SMPN 1 Boyolali. Cara settingnya bisa dibilang gampang-gampang susah (untuk ana yang baru pertama kali setting dan takut terjadi hal yang tidak diinginkan kalau sampai salah setting ^^). Tapi bagi yang sudah berpengalaman insyaAllah mudah. Sebenarnya penyedia webhosting memberikan layanan untuk setting email google ini dengan memberikan biaya tambahan sekitar Rp 25.000,- tapi karena ana penasaran jadinya ana setting sendiri. Alhamdulillah berhasil. Ingin lihat bagaimana tampilannya dapat anda lihat dengan klik LINK INI.
Sebelum memutuskan untuk setting atau sekedar membeli nama domain untuk aplikasi ini, ana sarankan untuk mencoba menjadi admin dan menggunakan aplikasi ini dengan mendaftarkan alamat email anda ke SINI. Ana sempat coba dulu, tapi karena sudah terlalu penasaran untuk setting google apps yang sebenarnya, maka itu hanya sebatas untuk coba-coba. 
Lebih lanjut mengenai manfaat google apps, silahkan lihat di SINI.
Lebih lanjut mengenai google apps untuk pendidikan lihat di SINI.
Selanjutnya bagi yang penasaran, silahkan coba untuk menyetting google apps ini. Namun syaratnya anda harus memiliki nama domain sendiri, dan agar gratis domain anda harus domain yang disediakan untuk pendidikan atau organisasi nirlaba. Selamat mencoba...

Wassalamu'alaikum warahmatullah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar