Selasa, 06 Desember 2011

Kursus Jahit Gratis

Assalamu'alaikum..

Mulai sekitar 2 bulan yang lalu, tempat kursus ana LKP BIna Bangsa Boyolali mengadakan program kursus jahit gratis. Tidak ada perbedaan yang signifikan antara kursus jahit berbayar dan gratis, perbedaannya hanyalah mendapat sertifikat dan penempatan kerja atau tidak. Dan yang jelas, untuk kursus yang berbayar lebih diperhatikan sama pengajarnya. ^^
Sebenarnya ada banyak tempat kursus jahit gratis, terutama di SKB (sanggar kegiatan belajar) atau di BLK (balai latihan kerja) di mana dua tempat tersebut memang dikhususkan untuk memberikan pelatihan kepada warga agar memiliki ketrampilan agar mampu bekerja secara mandiri. 
Di LKP Bina Bangsa aad banyak murid, biasanya pendidikan selesai ditempuh dalam jangka waktu 3 bulan, tergantung dari kesungguhan anak didik sendiri. Jika ingin cepat selesai ya bisa lebih cepat dari itu. Ana sendiri sudah hampir 5 bulan di tempat kursus ini, teman2 lain sudah lulus, namun ada juga beberapa yang masuk lebih dulu dari ana ada yang belum lulus juga. 
Untuk peserta kursus yang gratis kebanyakan ibu rumah tangga yang bisa dibilang sudah berumur, kebanyakan mereka mulai belajar siang hari sampai sore hari. Waktu belajar sendiri adalah dari hari senin-sabtu pukul 08.00 - 16.00, namun waktu itu tidak mengikat, terserah kepada peserta didik mau masuk jam berapa. Ana sendiri biasa masuk 1 x dalam seminggu, dan itupun dari siang sampai sore saja, makanya ana ga selesai-selesai. 

Di tempat kursus ini kita akan diajarkan mengenai cara menggunakan mesin jahit, mulai dari memasang benang sampai mengatasi permasalahan yang timbul pada mesin jahit. Setelah itu barulah kemudian kita akan diajarkan cara membuat pola, mulai dari yang paling simpel sampai yang paling rumit, tentunya juga diajarkan cara mengambil ukuran badan. Pola-pola yang dibuat itu kemudian diterapkan dengan menggunakan ukuran skala setengah. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan dalam menjahit, karena ukuran menjadi lebih kecil dan bahan yang digunakan sedikit. Polanya pun beragam, mulai dari pola wanita, laki-laki, dan juga anak-anak.
Untuk bahan-bahan yang digunakan dalam kursus, kita diharuskan membawa sendiri. Namun, tidak jarang juga pihak kursus juga menyediakan (biasanya peninggalan peserta kursus yang sudah lulus). Maklum, peserta tidak perlu membayar untuk kursus.
Kalau menghendaki mendapatkan sertifikat dan mungkin akan berguna di dunia kerja, maka bisa ikut yang berbayar. Ga mahal kok. 350 ribu untuk yang garmen (menjahit konveksi, ditekankan pada ketrampilan jahit untuk pola-pola konveksi, pola sedikit dan waktu kursus lebih pendek), 450 ribu untuk menjahit mandiri dengan pola lebih banyak dan tujuannya setelah lulus kursus peserta didik mampu mendirikan usaha jahit di rumah atau kerja di pabrik (karena menjahit mandiri termasuk ketrampilan yang diajarkan di menjahit garmen).
Demikian semoga berguna.. 

Wassalamu'alaikum warahmatullah.. 

1 komentar:

  1. Hallo.. Ayo promosikan usaha kursus jahit anda di fitinline.com, gratis!. Fitinline.com adalah portal khusus untuk kreasi baju dan produk fashion lainnya.

    BalasHapus