Sabtu, 10 Desember 2011

Cara Membuat Jilbab Cadar Rit

Assalamu'alaikum..

Pernah dengar istilah jilbab rit? Itu lho, jilbab dan cadarnya menyatu kemudian ada rit jepang untuk bukaan cadar. Cadar rit ini ada beberapa model, diantaranya adalah model biasa dengan cadar dan jilbab menyatu, bagian kanan cadar ada bukaan dengan rit dari atas. Panjang cadar sama dengan jilbabnya. Model ke dua, bagian cadarnya lebih pendek dari jilbabnya, dimaksudkan agar sirkulasi udara lebih mudah. Model ketiga dilengkapi dengan purdah, bedanya dari model 1 dan 2, yang dilengkapi dengan purdah ini cadar menyatu dengan purdahnya, sehingga kesannya seperti jilbab besar yang ditumpuk dengan jilbab kecil (berfungsi sebagai purdah) yang dijahit menyatu dengan cadar, kemudian ada rit untuk bukaan cadar.. Berikut ana akan membagi sedikit pengalaman ana membuat cadar rit model 1 dan 2. Sebenarnya ana belum pernah punya jilbab ini, dan belum pernah lihar secara langsung, tapi berbekal gambar di samping kiri ini (waktu itu ada di majalah nikah), ana coba buat, jadi harap maklum kalau instruksinya berantakan.


Bahan:


  1. Kain lebar 115cm, panjang 260 cm
  2. Karet elastis
  3. Bisbane (bisa dibuat dari kain yang digunakan dengan panjang 24cm dan lebar 2-4 cm)
  4. Busa lembaran/ kain keras
Pola Jilbab Cadar Rit


Cara Membuat:
  1. Membuat pola seperti gambar di atas. Kain yang dibutuhkan adalah kain dengan lebar  115 cm, dengan panjang (2x100+30+30)cm = 260 cm.
  2. Langkah selanjutnya adalah memotong bahan sesuai dengan pola di tersebut. Kemudian membuat tutup kepala terlebih dahulu, garis di bagian tengah adalah lipatan. Tutup kepala dapat diisi dengan busa lembaran atau dengan kain keras agar tidak terlalu lemas. Setelah tutup kepala jadi, kemudian sambungkan dengan jilbab seperti tutup dahi biasanya.
  3. Untuk bagian dalam, pada salah satu ujungnya (atas) pasang elastis, hal ini berguna agar jilbab pas pada saat dipakai
  4. Lakukan hal serupa untuk bagian cadar, tetapi elastis diganti dengan bisbane. Dari ukuran 30 cm jadikan 20 cm.
  5. Satukan bagian dalam dan cadar dengan jilbab. Caranya adalah dengan menjahit salah satu sisi bagian dalam dan cadar (sebelah kanan) dengan bagian jilbab yang sebelah kanan juga. Jahit dari atas (pas/ mepet bagian bawah penutup dahi) sampai ke bawah.
  6. Untuk sisi satunya yang belum dijahit, lakukan seperti sisi sebelah kanan tetapi dengan menyisakan 20 cm pada bagian atas. (hal ini bertujuan untuk memasang rit jepang).
  7. Cara pemasangan rit, pasangkan rit di bagian cadar dan bagian dalam+jilbab yang menyatu. 
  8. Terakhir pasangkan tali pada bagian dalam jilbab. Selanjutnya tinggal di neci ke tukang neci, atau bagi yang memiliki alatnya, alangkah baiknya di neci dan obras terlebih dahulu sebelum di jahit. ^_^
Cara diatas adalah untuk membuat model 1, untuk membuat model 2 cukup dengan menukar kain yang digunakan untuk bagian dalam dengan bagian cadar, sehingga bagian cadar menjadi bagian dalam dan sebaliknya. 

Sumber gambar: http://saranamuslimah.com/product_info.php?products_id=221&osCsid=41b654ae5c88146e057ff8c3fbb53ce5

Demikian sedikit share dari ana. Apabila menghendaki tutorial dalam bentuk pdf, silahkan klik di sini ^_^

Wassalamu'alaikum warahmatullah.. ^^

3 komentar:

  1. Terimakasih panduan membuat Jilbab Cadar Ritnya.

    BalasHapus
  2. jzklh atas panduan membuat jilbab cadar ritnya, semoga kelak kita dapat bertemu di jalan Allah, ditunggu masturohnya ke semarang
    Ah. Irfan

    BalasHapus
  3. Minta tutorial jahitnya... trmksh

    BalasHapus