Kamis, 03 Maret 2011

Membuat Cadar 2 lapis

Assalamu'alaikum..

Ibu-ibu kali ini ana mau share pengalaman ana buat cadar kotak 2 lapis. Untuk pola dan instruksinya dapat dilihat disini. Sengaja tidak ana copas disini, karena takut tampilannya malah berantakan. Selanjutnya ana akan share pengalaman dalam membuat cadar koak dua lapis ini.

Awalnya ana beli kain di salah satu supermarket tempat ana tinggal, soalnya harganya lebih murah dari pasar dan ga perlu nawar :p. Kain yang ana beli lebarnya 1.15m dan ana beli sepanjang 60 cm saja. Sampai di rumah, ana biarkan saja tuh kain, soale udah malam, tampat mesin jahitnya tidak ada penerangan yang baik. Keesokan harinya ana ukur, sesuai dengan ukuran yang diberikan, tapi untuk lapisan kepala yang lebarnya 54cm ana buat 60cm saja, soale kalau kainnya sisa, sisanya nanggung.
Untuk yang lainnya sesuai ukuran, sehingga didapatkan sisa kain persegi panjang yang cukup untuk buat kantong baju, hehehe..

Kemudian untuk lapisan wajah, ana buat lipatan sebanyak 4 lipatan, yang kalau pas dipake terletak di daerah hidung. Untuk pelisirnya, ana gunakan potongan untuk membentuk lubang mata. Langkah menjahit seperti pada yang tertulis di blog tersebut, tapi bedanya kali ini ana jahit dulu sampai selesai, setelah selesai baru di neci, maklum ga punya mesin neci, jadinya mesti ke toko jahit untuk neci (bayar 2000). Tapi sayangnya, ada sekitar 1 cm, di kanan dan kiri dekat dengan sambungan lapisan wajah dan lapisan kepala yang tidak ter-neci, jadinya kainnya njebrut-njebrut. Jadi saran ana, lebih baik kalau di neci dulu baru dijahit.

Ketika sudah jadi, baru deh pasang kreketannya. Biar pas, silahkan diukur dulu sesuai dengan lingkar kepala ibu - ibu sekalian. 

Semoga bermanfaat ibu-ibu..

Hasilnya seperti ini:



Bagi yang menghendaki untuk dibuatkan cadar (ana si biasa nyebutnya purdah, soale ada bagian yang ditutupkan ke kepala), dapat menghubungi ana via email atiliani.anisa@gmail.com, atau pakaian.muslim@yahoo.com, atau dapat langsung comment di bawah ini..



Wassalamu'alaikum..

Referensi: http://ummushofi.wordpress.com/2010/08/22/cara-membuat-pola-menjahit-cadar kotak/

1 komentar: