Selasa, 30 Maret 2010

Ramuan Madu untuk Obat Batuk

Assalamu'alaikum wr wb

Akhwat sekalian, kali ini ana akan mencoba berbagi sedikit mengenai terapi penyakit "hujan" dengan madu, yang ana kutip dari terjemahan buku "Al- ilaju bi al-asal" karya Prof. Dr. Said Hammad.

Cuaca yang tidak menentu belakangan ini meyebabkan timbulnya penyakit dilakangan anggota keluarga terutama anak-anak. Penyakit yang sering mucul diantaranya pusing, panas, hidung tersumbat, flu, dan batuk. Sebagai seorang ibu tentunya menginginkan kesehatan bagi anak-anaknya dan sedikit mungkin mengurangi obat-obatan sintetis yang kemungkinan akan memberikan dampak pada tubuh dalam jangka panjang. Selain itu juga tentunya sang ibu selalu berusaha untuk sehat selalu, agar kewajiban kewajiban dakwah dan juga kewajiban sebagai ibu rumah tangga maupun sebagai istri, dan tentunya sebagai hamba ALLAH dapat berjalan dengan baik.
Bagi ibu terutama ahliah- ahliah yang bertanggung jawab dalam memberikan yang terbaik bagi putra-putrinya, berikut ini beberapa resep Sehat dengan Madu yang dikutip dari buku "99 Resep Sehat dengan Madu" karya Prof.Dr.Said Hammad

Pusing dan Panas
Tambahkan kurang lebih 5 gram madu ke dalam 95 gram air hangat. Aduk dan konsumsi larutan sebanyak 2 sendok makan ketika merasa pusing atau panas. Dosis ini bisa diulang hingga 4 kali sehari


Hidung tersumbat
Tuang 1 Sendok madu ke dalam 2 gayung air panas. Hirup uapnya sembari menutupi kepala dengan handuk. Insya Allah resep ini manjur.

Influenza
Hisap asap rebusan air madu dengan bawang merah (yang sudah dikupas) sebelum tidur dan minum 1 sendok madu setelah makan

Batuk I
1 sendok makan madu dicampur dengan 1 sendok makan perasan jeruk nipis. Minumkan campuran ini ke penderiya sesuai kebutuhan. Komposisi ramuan dapat ditambah dengan catatan kadar madu dan perasan jeruk nipisnya sama.

Batuk II
Campurkan seperempat canngkir madu dengan 1 sendok makan perasa jeruk  nipis ditambah dengan 1 sendok makan gliserin, kemudian simpan dalam botol yang ditutup rapat. Minum satu sendok makan ramuan setiap dua jam, atau jika diperlukan.

Batuk III
Rebus satu buah jeruk nipis lalu belah jeruk tersebut dan peras airnya, kemudian masukkan airnya dalam sebuah gelas kosong. Tambahkan madu secukupnya hingga gelas penuh kemudian aduk hingga tercampur rata. Dosis untuk dewasa adan 1 sendok makan pada waktu pagi, siang, dan malam. Sedangkan untuk anak- anak dosisnya adalah satu sendok teh pada waktu yang sama.

Semoga dapat bermanfaat dan ALLAH senantiasa istiqomahkan kita dalam dakwah.

Wassalamu'alaikum wr wb

Sumber: 99 Resep Sehat dengan Madu karangan Prof. Dr. Said Hammad. Terjemahan oleh Ahmad Syakirin, Lc., MA. Penerbit Aqwamedika: Solo.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar